Sobat muda
suka menonton Televisi? (Saya jarang pak,
lebih suka mendengarkan radio karena menurut lebih banyak informasi
dibandingkan televisi)
Good, memang tidak bisa pungkiri pertelevisian kita hari ini sedikit
yang menunjukkan tontonan yang berkualitas. Namun sayangnya menurut data statistik, penduduk Indonesia lebih menyukai aktivitas menonton televisi
dibandingkan dengan aktivitas sosial lainnya. (Benarkah pak?)
Yuk kita
simak data berikut ini.
![]() |
Aktivitas sosial utama penduduk Indonesia 2003-2012 via http://databoks.katadata.co.id/ |
Aktivitas
sosial paling banyak dilakukan penduduk Indonesia untuk mengisi waktu luang adalah
dengan menonton televisi. Menurut hasil survei Badan Pusat Statistik
(BPS), preferensi penduduk menonton televisi ini terus meningkat sejak
2003. Sebaliknya, menghabiskan waktu dengan cara membaca koran
atau majalah, trennya memperlihatkan penurunan. Survei secara
periodik oleh BPS, menempatkan perilaku membaca masyarakat dengan proporsi
paling kecil dibanding indikator sosial lain.
Namun
demikian, tren penurunan paling tajam perilaku sosial penduduk dengan umur 10
tahun ke atas adalah untuk mendengarkan radio. Sebelumnya pada survei
2003, aktivitas mendengarkan radio masih berada di kisaran 50 persen,
kemudian turun sangat drastis menjadi 18 persen pada 2012.
Itulah fakta
yang ada hingga hari ini. (Mungkinkah hal
ini juga yang membuat bangsa kita terpuruk dalam hal membaca?)
Bisa jadi,
masyarakat hari ini lebih menyukai sesuatu hal yang instan. Kita tahu,
aktivitas membaca itu membutuhkan konsentrasi. Namun, aktivitas membaca banyak
manfaatnya. Diantaranya adalah membuat kita mampu berpikir kritis. (Iya pak, dibanding menonton telelvisi
apalagi sinetron bikin pikiran kita tumpul hehe)
Nah, untuk
itu kita sebagai pemuda kekinian meski melakukan sesuatu agar kedepan
masyarakat kita mau membaca. Sehingga masyarakat kita menjadi masyarakat yang
kritis dan tidak mudah dibodoh-bodohi. Yuk kenali Indonesia dengan data! Muda berkarya,
muda bermanfaat.
ConversionConversion EmoticonEmoticon