Soba muda,
di era globalisasi seperti ini kemampuan menyampaikan ide menjadi sesuatu yang
amat penting. (Iyalah pak, sayangnya hal
semacam itu tidak di pelajari didalam kelas hehe)
![]() |
Menggali Ide via http://www.extralife.dk/ |
Nah itu dia,
soft skill semacam ini bisa kita dapatkan di luar kelas. Jika sobat muda
berorganisasi pasti tentu tidak asing dengan hal semacam ini. Contonya saja,
jika kita ingin membuat sebuah event tentunya kita memburuhkan bantuan dana
dari perusahaan atau pu lembaga lainnya. Untuk meminta bantuan tersebut kita
sering membuat semacam proposal yang isinya tentang kegiatan yang akan kita
laksanakan tersebut. Tidak cukup sampai disitu, setelah proposal tersusun kita
harus menyampaikannya dengan baik. (Benar
sekali pak, karena sebagus apapun ide kita, kalau kita tak mampu menyampaikannya
dengan baik maka ide itu tak akan kemana-mana kan?)
Cerdas
sekali anak muda. Larry Page, seorang pendiri Google Inc. mengatakan bahwa untuk sekedar menemukan suatu ide hebat
dibutuhkan kerja keras, tapi itu saja tidak cukup. (Anda harus tahu) cara untuk
membuat orang lain bersemangat. (Jadi
maksudnya kita harus mempunyai kemampuan mempengaruhi ya pak?)
Tepat
sekali, untuk itu pada artikel kali ini saya akan saya tentang 5 cara agar ide
sobat muda mampu di setujui. Saya kutip
dari buku The Art of Woo (Seni
menjual gagasan dengan persuasi strategis) karangan G. Richard Shel & Mario Moussa.
1.
Hubungan
Semakin baik hubungan sobat muda
dengan lembaga atau orang yang akan sobat muda yakinkan, maka semakin besar kesempatan sobat
muda untuk mempengaruhi dan membuat ide sobat
muda mampu di setujuinya. Untuk itu, sobat
muda harus terus menjaga dan
memperbanyak hubungan baik dengan orang lain. Karena hal itu akan membuat
determinasi sobat muda dalam
mempengaruhi kan semakin baik.
2.
Kredibilitas
Siapa sobat muda ? Seperti
apa organisasi sobat muda ? Layakkah sobat
muda dipercaya? Semakin baik jawabat
atas pertanyaa-pertanyaan tersebut maka semakin besar kesempatan sobat
muda untuk mempengaruhi. Kredibelitas
menjadi sesuatu yang amat penting, karena inilah yang akan menjadi modal sobat
muda dalam mempengaruhi.
3.
Gaya
Komunikasi
Setelah sobat muda mempunyai
hubungan dan kredibelitas yang baik, hal selanjutkan adalah berbicara teknis
dalam menyampaikan ide sobat muda. Untuk itu sobat muda harus benar-benar memahami dengan siapa sobat
muda berbicara, karena gaya komunikasi sobat
muda akan menentukan pengaruh sobat muda
nantinya.
4.
Sistem
Keyakinan
Selain memahami gaya komunikasi, sobat muda juga harus paham betul dengan sistem
keyakinan yang sudah dibangun oleh lembaga atau orang yang akan sobat muda pengaruhi. Jika ide yang sobat muda ajukan melanggar keyakinannya, maka ide sobat
muda tak akan disetujuinya.
5.
Kepentingan
dan Kebutuhan
Sebagai penjual ide, sobat muda mesti focus pada kepentingan pihak
lain. Maksudnya kita harus belajar memahami apa yang membuat lembaga atau orang
termotivasi. Kerena dengan memahami apa yang menjadi motivasi mereka akan
membuka berbagi pilihan bagi sobat mida untuk mempengaruhi mereka.
Bagaimana sobat muda, sudah mengerti? (Wah mantap pak, kebetulan saya sudah punya ide dan akan mencoba
mengajukan kepda beberapa perusahaan)
Good job, semoga
tips sederhana ini bisa membatu sobat muda dalam mewujudkan ide sobat muda.
Tetap semangat belajar! Muda berkarya,
muda bermanfaat.
ConversionConversion EmoticonEmoticon