5 Cara Agar Idemu di Setujui

Soba muda, di era globalisasi seperti ini kemampuan menyampaikan ide menjadi sesuatu yang amat penting. (Iyalah pak, sayangnya hal semacam itu tidak di pelajari didalam kelas hehe)

Menggali Ide via http://www.extralife.dk/
Nah itu dia, soft skill semacam ini bisa kita dapatkan di luar kelas. Jika sobat muda berorganisasi pasti tentu tidak asing dengan hal semacam ini. Contonya saja, jika kita ingin membuat sebuah event tentunya kita memburuhkan bantuan dana dari perusahaan atau pu lembaga lainnya. Untuk meminta bantuan tersebut kita sering membuat semacam proposal yang isinya tentang kegiatan yang akan kita laksanakan tersebut. Tidak cukup sampai disitu, setelah proposal tersusun kita harus menyampaikannya dengan baik. (Benar sekali pak, karena sebagus apapun ide kita, kalau kita tak mampu menyampaikannya dengan baik maka ide itu tak akan kemana-mana kan?)

Cerdas sekali anak muda. Larry Page, seorang pendiri Google Inc. mengatakan bahwa untuk sekedar menemukan suatu ide hebat dibutuhkan kerja keras, tapi itu saja tidak cukup. (Anda harus tahu) cara untuk membuat orang lain bersemangat. (Jadi maksudnya kita harus mempunyai kemampuan mempengaruhi ya pak?)

Tepat sekali, untuk itu pada artikel kali ini saya akan saya tentang 5 cara agar ide sobat muda  mampu di setujui. Saya kutip dari buku The Art of Woo (Seni menjual gagasan dengan persuasi strategis) karangan G. Richard Shel & Mario Moussa.
1.                 Hubungan
Semakin baik hubungan sobat muda  dengan lembaga atau orang yang akan sobat muda  yakinkan, maka semakin besar kesempatan sobat muda  untuk mempengaruhi dan membuat ide sobat muda  mampu di setujuinya. Untuk itu, sobat muda  harus terus menjaga dan memperbanyak hubungan baik dengan orang lain. Karena hal itu akan membuat determinasi sobat muda  dalam mempengaruhi kan semakin baik.

2.                 Kredibilitas
Siapa sobat muda  ? Seperti apa organisasi sobat muda  ? Layakkah sobat muda  dipercaya? Semakin baik jawabat atas pertanyaa-pertanyaan tersebut maka semakin besar kesempatan sobat muda  untuk mempengaruhi. Kredibelitas menjadi sesuatu yang amat penting, karena inilah yang akan menjadi modal sobat muda  dalam mempengaruhi.

3.                 Gaya Komunikasi
Setelah sobat muda  mempunyai hubungan dan kredibelitas yang baik, hal selanjutkan adalah berbicara teknis dalam menyampaikan ide sobat muda. Untuk itu sobat muda  harus benar-benar memahami dengan siapa sobat muda  berbicara, karena gaya komunikasi sobat muda  akan menentukan pengaruh  sobat muda  nantinya.

4.                 Sistem Keyakinan
Selain memahami gaya komunikasi, sobat muda  juga harus paham betul dengan sistem keyakinan yang sudah dibangun oleh lembaga atau orang yang akan sobat muda  pengaruhi. Jika ide yang sobat muda  ajukan melanggar keyakinannya, maka ide sobat muda  tak akan disetujuinya.

5.                 Kepentingan dan Kebutuhan
Sebagai penjual ide, sobat muda mesti focus pada kepentingan pihak lain. Maksudnya kita harus belajar memahami apa yang membuat lembaga atau orang termotivasi. Kerena dengan memahami apa yang menjadi motivasi mereka akan membuka berbagi pilihan bagi sobat mida untuk mempengaruhi mereka.

Bagaimana sobat muda, sudah mengerti? (Wah mantap pak, kebetulan saya sudah punya ide dan akan mencoba mengajukan kepda beberapa perusahaan)


Good job, semoga tips sederhana ini bisa membatu sobat muda dalam mewujudkan ide sobat muda. Tetap semangat belajar! Muda berkarya, muda bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close