Mau Tahu Keuntungan Menjadi Penyiar Radio? Simak Tulisan Berikut ini!



Penyiar Radio via Dokumen Pribadi


Desember 2017 lalu, saya memulai debut sebagai penyiar radio diradio swasta. Walaupun saya sudah pernah menjadi penyiar diradio kampus kurang lebih satu tahun. Namun hal ini merupakan tantangan tersendiri. Karena jangkauan dari radio ini cukup luas. (Wah, emang radio apa pak?)

Galora FM 90,6 MHz. Radio ini baru merintis, untuk itu saya banyak belajar tentang banyak hal. Tak hanya sebatas siaran, namun hal-hal teknis lainnya saya dapatkan ditempat ini. (Bisa dibilang ini rumah belajar juga ya pak?)

Logo Radio Galora FM 90,6 MHz via Dokumen Pribadi
Tepat sekali anak muda. (Lalu apa sih pak keuntungan jadi penyiar radio?)

Kalau menurut saya banyak sekali, diantaranya:

1. Menjadi penyiar radio berarti membuka kesempatan besar untuk menggali wawasan. Jelas, disetiap siaran selalu ada ilmu atau wawasan yang kita dapat, misalnya dari musik, berita, gosip dan isu-isu terhangat yang sedang dibicarakan. Hal inilah yang akan membuat kita kaya akan informasi, sehingga kita tidak kudet alias kurang update.

2. Menjadi penyiar radio membuat kita punya teman baru. Ada istilah menarik untuk seorang penyiar radio. “Satu mulut sejuta telinga” kurang lebih seperti itu. Hal ini menunjukkan jaringan seorang penyiar akan luas karena banyak telinga yang mendengarkannya. Hal inilah yang kan membuat jalinan pertemanan anatara penyiar dan pendengar. Banyak teman, berarti dapat memperluas wawasan, misalnya kita bisa sharing tentang pekerjaan, sekolah, organisasi dan sebagainya. Otomatis, informasi yang kita dapatkan akan semakin bertambah.

3. Menjadi penyiar radio dapat melatih kemampuan berkomunikasi. Disini kita dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan baik dan menghibur para pendengar. Kemampuan menyampaikan ide, materi dan informasi adalah hal yang harus dimiliki oleh setiap orang apapun profesinya. Dan menjadi penyiar radio, kita akan terlaltih untuk melakukan hal tersebut.

4. Biasanya penyiar radio banyak menjadi tempat curhat pendengar, secara tidak langsung kita menjadi problem solver bagi masalah orang lain. Secara tidak langsung, kita telah membantu mereka menyelesaikan masalahnya atau mengurangi bebannya. Jika mereka puas, kita juga akan merasa senang.

5. Membuka banyak pintu kesempatan untuk mengembangkan potensi diri. Misalnya, mengasah kemampuan berkomunikasi, berinteraksi dengan orang lain, menyalurkan hobby dan bakat, dan selain itu menjadi penyiar radio juga menumbuhkan potensi baru dalam diri. Misalnya, menjadi MC atau paling tidak kita nggak gugup ketika disuruh presentasi di depan orang. Bahkan banyak presenter hebat berawal dari penyiar radio. Menarik bukan?

6. Meningkatkan kreativitas, misalnya harus bisa membuat program yang sedang di bawakan menjadi makin menarik dengan kreativitas-kreativitas di dalamnya.

Nah, itu sedikit keuntungannya. Tentu saja masih banyak lagi. Sobat muda tertarik untuk menjadi penyiar radio? (Wah saya sangat tertarik pak hehe)
Semoga tulisan ini bermanfaat ya! Tetap semangat belajar.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close