Sanitasi Rendah Di Pandeglang Banten, Ini Yang Dilakukan Relawan Laz Harfa


Hari sabtu lalu (10/03/2018), masyarakat di Pandeglang Banten didampingi Laz Harfa dalam pemberdayaan kesehatan masyarakat; sanitasi bersih dan sehat.
Pemberdayaan kesehatan masyarakat via Laz Harfa

Pemahaman sanitasi yang rendah membuat masyarakat di beberapa wilayah di Pandeglang, Banten masih melakukan kebiasaan-kebiasaan yang tidak sehat, misalnya perilaku Buang Air Besar Sembarangan (BABS).

Hal ini membuat Laz Harfa, sebuah lembaga amil zakat di Banten tergerak untuk memberikan pemberdayaan kesehatan dan ekonomi. Ada 9 desa yang tengah didampingi, diantaranya di Desa Kutamekar Kecamatan Sobang Kabupaten Pandeglang.

“Tujuannya untuk membantu pemerintah meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat rentan untuk bisa mencapai SDG’s (Sustainable Development Goals),” ujar Laz Harfa kepada wartawan pada Sabtu (10/3/2018).

Khususnya pemberdayaan kesehatan, Laz Harfa ingin mengubah pola pikir masyarakat agar tidak melakukan BABS dan mulai untuk menyadari dan menerapkan perilaku sanitasi sehat.

“Awalnya kami melakukan assesment terhadap warga, melakukan pemicuan CLTS, promosi kesehatan, kemudian rencana tindak lanjut sampai akhirnya melakukan advokasi dan edukasi secara menyeluruh,” jelasnya.

Edukasi dan advokasi

Program dan advokasi via Laz Harfa
Edukasi dan advokasi ini penting dilakukan agar masyarakat secara bertahap dapat memahami pentingnya sanitasi bersih hingga mereka pada akhirnya dapat mengubah perilakunya.

Dalam proses edukasi, salah satu relawan Laz Harfa, Lia Ameliawati menyampaikan kepada masyarakat bahaya-bahaya yang mungkin timbul akibat dari BABS seperti penyakit-penyakit yang dibawa kotoran, diare, gatal-gatal. Ketika babs dilakukan malam hari dan dalam kondisi hujan, tak jarang warga terpeleset bahkan hingga terpatuk ular.

“Ada salah satu ibu bernama Ibu Masni, setelah diberi pemahaman akan bahayanya, Bu Masni jadi menyadari pentingnya sanitasi bersih dan sehat akhirnya ia membuat jamban,” ujar Lia.

Laz Harfa terus berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada masyarakat rentan agar menjadi masyarakat sejahtera dan hidup bersih dilingkungan sekitarnya.

Demikianlah sobat muda. Tetap semangat berkarya dan menjadi bermanfaat!

Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close