4 Harapan Untuk Kereta Api Indonesia di Masa Mendatang



Kereta Api via https://kai.id/


Sobat muda, berbicara tentang transportasi tentunya akan berbicara tentang sesuatu yang kompleks. Saat ini mobilitas penduduk untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain tidak dapat terelakkan. Sebagai negara yang dapat mengikuti perkembangan globalisasi sudah seharusnya fasilitas untuk mendukung mobilitas tersebut dapat terpenuhi dengan baik. Fasilitas tersebut ialah berupa transportasi umum. Salah satunya adalah kereta api. Dalam rangkah hari kereta api yang ke-72, berikut adalah harapan-harapan saya dan mungkin juga harapan kita semua untuk kereta api Indonesia di masa mendatang.

1.                 Mempunyai banyak armada kereta
Armada Kereta Api via http://bisniswisata.co.id/
 Menurut Kepala Badan Pusat Statistik Suryamin mengatakan jumlah penumpang kereta api di Jawa dan Sumatera pada Juni 2016 menjapai 29,2 juta orang. Dengan data tersebut, kita berharap jumlah armada di perbanyak. Karena dengan banyaknya jumlah armada kereta api maka akan banyak orang yang menggunakan transporatasi ini. Sehingga hal ini akan berimbas pada pengurangan penggunaan transportasi pribadi. Jika hal itu terjadi, harapannya akan mampu mengurangi jumlah kemacetan yang terjadi terutama di kota-kota besar.


2.                 Mempunyai fasilitas yang memadai
 
Fasilitas Kereta Api via http://tiketkeretaapi.com
Jika berbicara tentang fasilitas, kita akan membaginya menjadi 2 bagian. Yakni fasilitas internal dan eksternal. Fasilitas internal itu  seperti AC, tempat duduk yang cukup, toilet hingga adanya pemecah kaca untuk keselamatan. Sedangkan fasilitas eksternal berkaitan dengan tempat naik turun penumpang/barang. Hal ini menjadi sangat penting.  Untuk itu, kedepannya kita berharap kereta api kita mempunyai perawatan yang baik dari segi sarana mau prasananya. Karena hal ini akan berpengaruh pada kenyamanan para pengguna jasa transportasi tersebut.


3.                 Mempunyai Pelayanan yang baik
 
Pelayanan via http://www.sapujagat.com/
Pelayananan yang baik akan menciptakan kenyamanan bagi para pengguna kereta api. Mulai dari pelayanan jual beli tiket, keamanan, ketertiban dan sikap dari petugas stasiun. Pelayanan di stasiun dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain kurangnya kedisiplinan baik petugas maupun penumpang, faktor alam atau bencana, dan perilaku perorangan yang ada di stasiun tersebut. Keamanan yang harus diperhatikan di dalam stasiun meliputi keamanan terhadap kriminalitas yang mengancam harta benda. 
Hal ini mengingat bahwa di dalam keramaian penumpang di dalam stasiun terdapat para pencuri ulung yang mengancam harta benda penumpang. Selain faktor kriminalitas, bentuk dan luas peron turut menjadi faktor penyumbang turunnya tingkat keamanan di stasiun. Luas peron yang kurang memadai menyebabkan penumpang dan pedagang asongan berdesakan saat menunggu datangnya kereta.

4.                 Minimnya Jumlah Kecelakaan


Kecelakaan Kereta Api via https://utiket.com/

Jika perawatan fasilitas baik, maka jumlah kecelakaan pun akan berkurang. Misalnya dengan keadaan rel yang masih kokoh dan berumur panjang, akan mengurangi ancaman kecelakaan. Kita tahu, cukup tingginya korban jiwa dan kerugian sosial ekonomi akibat kecelakaan kereta api telah menyebabkan citra pelayanan dan manajemen perkeretaapian menurun. Kinerja keselamatan semakin menjadi tuntutan dan perhatian sehingga perlu segera ditingkatkan. Penyebab tingginya kecelakaan kereta api merupakan akumulasi dari banyak faktor, diantaranya masalah regulasi, manajemen, kondisi prasarana & sarana. Untuk itu kita berharap, masalah-masalah yang menimbulkan kecelakaan tersebut mampu di minimalisir. Karena jumlah kecelakaan ini pun akan mempengaruhi kepercayaan masyarakat akan kereta api.



Itulah 4 harapan untuk kereta api Indonesia di masa mendatang. Harapan-harapan itu bisa terwujud jika kita semua bisa bekerjasa sama. Pemeliharaan rel, pemeliharaan fasilitas kereta, semuanya itu bukan hanya menjadi tanggung jawab PT KAI saja, tetapi juga menjadi tanggung jawab bersama.
                                        
Demikianlah harapan-harapan tentang kereta api di masa mendatang. Semoga bermanfaat! Muda berkarya, muda bermanfaat.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close