5 Skill Organisasi Yang Berguna di Tempat Kerja

Skill Organisasi
Sobat muda pasti pernah mendengar atau membaca kalau pengalaman berorganisasi akan menjadi nilai plus saat melamar kerja. Berikut ini lima ketrampilan organisasi yang akan membuat sobat muda semakin keren di dunia kerja.
1.    Kepemimpinan
Organisasi itu pasti identik dengan kepemimpinan. Jika sobat muda aktif mengikuti organisasi, maka kepemimpinan sobat muda pasti akan terasah. Kenapa bisa? karena di dalam organisasi kita akan berinteraksi dengan banyak orang, mengatur waktu, mendengarkan dan belajar mengambil keputusan. Hal-hal seperti itulah yang bisa mengasah skill kepemimpinan sobat muda.  dengan iku organisasi berati sobat muda sedang mempersiapkan diri untuk siap menjadi pemimpin.

2.    Komunikasi
Kemampuan berkomunikasi yang baik menjadi salah satu hal penting di dunia kerja. Saat kita aktif berorganisasi, kita akan berhubungan dengan banyak orang. Memimpin rapat, bertemu dengan calon sponsor, berbicara dengan senior atau guru. kemampuan komunikasi seperti ini sangat berguna ditempat kerja agar kita mampu beradaptasi dengan lingkungan.

3.    Membuat Anggaran
Apakah keterampilan ini hanya dimiliki oleh para bendahara? Tentu tidak. Sebagai anggota pun kita harus tahu dan mengerti tentang anggaran.  Tapi jika belum, tak ada salahnya untuk mulai memahaminya. Secara umum, kemampuan ini akan membantu sobat muda untuk lebih jeli dalam mengatur anggaran suatu program atau acara di kantor. Hal baik lainnya, sobat muda akan lebih teliti dalam mengatur keuangan pribadi.

4.    Negosiasi
Kemampuan untuk meyakinkan seseorang perlu dipelajari. Di dunia kerja, kemampuan negosiasi amat penting. Dengan kemampuan ini kita akan mendapat banyak keuntungan. Kemampuan ini jelas bukan hal yang bisa didapatkan secara instan, tapi kehidupan organisasi tentu akan memberikan banyak kesempatan untuk belajar, sebelum menerapkannya di dunia kerja.

5.    Bepikir Analitis
Berorganisasi tentu akan banyak masalah yang kita hadapi. Namun jangan salah, masalah-maslah yang kita hadapi akan membuat kita mampu berpikir kritis. Di dunia kerja, kemampuan ini akan sangat berguna ketika kita dihadapkan dalam beberapa kondisi yang mengharuskan kita mengambil keputusan atau tindakan.

Jadi, apakah sobat muda masih ragu bahwa pengalaman saat berorganisasi akan sia-sia saat mulai memasuki dunia kerja? Tentu tidak, kan? Berorganisasi saat di bangku sekolah dan kuliah akan membuat sobat terlihat berbeda. Dan perbedaan ini akan membuat sobat muda mudah di temukan oleh pencari kerja. Tetap semangat belajar! Muda berkarya, muda bermanfaat. 




Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close