Remaja Islam Masjid Nurul Falah: Gebyar Ramadhan

Kegiatan Pesantren Ramadhan via Dokumen Pribadi
Sobat muda, tentunya kita semua punya cara tersendiri untuk memeriahkan dan berlomba-lomba dalam kebaikan di bulan Ramadhan ini. Nah, kali ini akan saya share tentang kegiatan Remaja Islam Masjid (RISMA) Nurul Falah Pengrango Desa Lambangsari Kecamatan Bojonegara Kabupaten Serang-Banten.

1.     Pesantren Ramadhan
Dalam rangka mengisi bulan penuh berkah ini dengan hal yang positif, RISMA Nurul Falah hadir dengan kegiatan Pesantren Ramadhan. Kegiatan itu dikuti oleh anak-anak usia PAUD dan SD. Dilaksanakan setiap ba’da ashar sampai jam 5 sore.

2.     Dalailan
Setelah selesai kegiatan Pesantren Ramadhan, kemudian pengurus RISMA Nurul Falah melanjutkan dengan kegiatan pembacaan kitab Dalail Khoirot atau Dalailan sampai menjelang waktu berbuka puasa. Selain untuk ngabuburit, kegiatan ini juga menjadi hal menarik karena mampu menjadi ciri khas tersendiri di bulan puasa dan tentunya meramaikan masjid.

3.     Tarawih Berkunjung
Tak hanya disore hari, malamnya pun ada kegiatan tarawih berkunjung yang diadakan di kampung atau desa yang sudah ditentukan. Dalam kegiatan ini tak hanya shalat tarawih, namun diisi juga dengan dengan ceramah agama dari pengurus atau anggota RISMA Nurul Falah. Inilah salah satu kegiatan dakwah tahunan mereka. Dan kegiatan ini juga mereka menunjukkan kapabilitasnya sebagai pemuda islam yang kekinian.

4.     Takbiran Keliling
Setelah melaksanakan serangkaian kegiatan di bulan Ramadhan, malam takbirnya mereka bersama-sama mengajak masyarakat untuk mengumandangkan takbir sebagai bentuk rasa syukur.

5.     Halal bi halal
Seperti biasanya, dimomen idul fitri mereka mengadakan kegiatan untuk mempererat silaturahmi dengan mengadakan acara halal bi halal.

6.     Tour Ziarah
Dan sebagai penutup rangkaian acara Gebyar Ramadhan, mereka mengadakan tour Ziarah. Selain untuk merefresh diri dengan berwisata, mereka tetap belajar untuk dengan wisata religi tesebut.


Itulah rangkaian acara yang diadakan oleh anak-anak muda kreatif yang tergabung dalam RISMA Nurul Falah. Semoga dengan adanya artikel ini mampu menginspirasi pemuda-pemuda lainnya untuk berkontribusi sesuai dengan kemampuan masing-masing.  Tetap semangat belajar! Muda berkarya, muda menginspirasi.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close