Tradisi Pertengahan Bulan Ramadhan

Sobat muda, Alhamdulillah tak terasa kita sudah sampai pada pertengahan bulan Ramadhan. Semoga keberkahan selalu bersama kita. (Aamiin pak)

Sedikit bagi sharing nih tentang tradisi pertengahan bulan Ramadhan di daerah saya. (Tradisinya kayak gimana pak?)

Kalau disini sebagai penanda pertengahan bulan Ramadhan masyarakat bersama-sama membuat ketupat. Malam harinya, ketupat itu di bawa ke masjid setempat untuk berdoa bersama-sama meminta keberkahan. Berikut ini hal yang unik dari tradisi pertengahan bulan Ramadhan di daerah saya:

1.     Ketupat
Ketupat via Dokumen Pribadi
Inilah makanan khas pertengahan bulan Ramadhan. Tak seperti hari-hari biasanya, ketupat disajikan sebagai menu utama untuk berbuka puasa amaupun sahur. Makan makanan ini menjadikan kita serasa lebih dekat dengan suasana Idul Fitri. Untuk itu layak dan harus kita syukuri.

2.     Silaturahmi
Doa Bersama via Dokumen Pribadi
Seperti yang sudah saya bilang sebelumnya, malam harinya setelah selesai Tarawih semua masyarakat dikampung saya berkumpul di masjid sambil membawa makanan khas tersebut ke Masjid. Setelah berkumpul, kemudian bersama-sama memanjatkan do’a untuk meminta keberkahan. Indah sekali rasanya, mungkin suasana ini akan kita rindukan suatu hari kelak.

Itulah sedikit sharing tentang tradisi yang ada didaerah saya. (Wah keren pak, saya jadi rindu masa-masa di kampung hehe)


Untuk itu, mari kita nikmati setiap detik hidup kita. Semoga  bisa menjadi pelajaran untuk hidup kita di masa depan. Semoga juga kita mampu menjadi pemuda kekinian yang mampu berkompetisi tingkat global, namun tetap menghargai trasisi dan budaya. Tetap semangat belajar! Muda berkarya, muda menginspirasi.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close