Tradisi Unik di Hari Lebaran


Selamat Idul Fitri via Dokumen Pribadi
Sobat muda, hari ini tepat 1 syawal 1438 H yang artinya hari ini seluruh umat muslim di segala penjuru merayakan hari raya idul Fitri. (Hehe iya pak, walau ada di beberapa daerah yang sudah dan ada pula yang belum)

Yups, semoga perbedaan membuat semakin indah. Kali ini saya akan sharing tentang hal-hal yang yang menjadi tradisi di hari lebaran. Yuk simak pemaparannya berikut ini.

1.       Saling Memaafkan
Saling Memaafkan via http://pramstudio.blogdetik.com/
Moment hari raya, terutama idul fitri menjadi momen yang pas untuk saling memaafkan. Memang saling memaafkan ini harusnya tak hanya di moment lebaran saja, namun setiap momen lebaran kata “maaf” akan bertebaran bahkan sampai viral di media sosial.

2.       Berkumpul bersama
Halal Bil Halal via http://tuntunansholat.info/
Inilah indahnya islam, mempererat silaturahmi itu sudah menjadi ciri khas. Kita biasanya menyebutnya dengan Halal Bil Halal. Moment lebaran banyak dijadikan orang untuk moment berkumpul bareng sanak saudara. Bahkan di negara kita terkenal dengan tradisi mudik alias pulang kampung. Salah satu alasannya adalah karena mereka ingin berkumpul dan bersilaturahmi bersama sanak saudara.

3.       Berbagi angpao
Berbagi Angpao via http://www.orangdalam.com/
Tradisi lainnya yang tak kalah menarik juga adalah ketika berbagi ampau untuk sanak saudara. Bagi yang sudah bisa menghasilkan duit sendiri, jauh-jauh hari sudah harus mempersiapkan ampau karena di hari lebaran untuk di bagikan kepada sanak saudara yang belum mampu menghasilkan duit sendiri.

4.       Ziarah kubur
Ziarah Kubur via http://www.indragiri.com/
Tradisi lainnya adalah ziarah kubur. Banyak tempat pemakaman umum yang ramai didatangi ketika moment lebaran. Selain untuk mengenang sanak saudara yang sudah terlebih dahulu menghadap sang maha kuasa, hal ini juga menjadi pembelajaran bagi kita yang masih hidup untuk mempersiapkan diri sebelum menghadap sang khalik.

Itulah sedikit dari tradisi lebaran yang biasanya kita lakukan. Tentunya sobat muda punya tradisi tambahan selain yang tercantum diatas bukan? (Iya pak hehe)


Nah, silahkan di share ya di kolom komentar supaya menginspirasi sobat muda yang lainnya. Mohon maaf lahir dan batin ya! Muda berkarya, muda bermanfaat.
Previous
Next Post »

1 comments:

Click here for comments
June 26, 2017 at 7:03 AM ×

selamat hari raya idul fitri 1438 H mohon maaf lahir dan batin, taqaballahu minna waminkum

Congrats bro Bimo Aji Widyantoro you got PERTAMAX...! hehehehe...
Reply
avatar
Thanks for your comment
close