3 Tahapan Menuntut Ilmu

3 Tahapan Menuntut Imu via http://tebarkebaikan.tumblr.com/

Sobat muda, dalam menuntut imu ternyata kita harus melalui tiga tahapan. Pernah mendengar? (Kalau tidak salah naeshat itu dari Umar Bin Khattab ya pak?)

Benar anak muda. Menurut Umar bin khattab, ada 3 tahapan menuntut ilmu:

1.    Tahapan pertama biasanya ia sombong dengan ilmunya. Coba deh kita intropeksi diri, ketika kita baru menerima suatu ilmu kita menjadi “sok”. Kita mulai koar-koar merasa pintar dan orang lain bodoh. Jika sikap “sok” ini ada pada diri kita, maka kita adalah orang yang baru tahap awal mengenal ilmu.

2.    Tahapan kedua itu tawadhu' ,merasa malu karna ia tahu ilmu yang dimiliki belum seberapa. Sudah naik sedikit, ketika seseorang menerima ilmu ia menjadi orang yang makin rendah hati. Istilah kerennya adalah ilmu padi, semakin berisi semakin merunduk.

3.    Tahapan ketiga,ia akan merasa tidak tau apa apa,bahkan merasa tak berdaya karena ia tau betapa luas dan dalamnya ilmu jika diarungi. Tahapan inilah yang luar biasanya, karena makin banyak yang kita tahu ternyata semakin banyak yang kita tidak tahu. Jika kita sudah mencapai tahapan ini, energi untuk terus belajar semakin besar. Karena menuntut  ilmu tak hanya sebatas disekolah formal, ketika sudah lulus kemudian berhenti belajarnya. Tapi menuntut ilmu itu dari dalam buaian hingga liang kubur. Begitulah nasehat Rasulullah kepada kita.

Itulah sobat muda tahapan ilmu. Sudah di tahap manakah kita saat ini? (Saya sudah tahap...)

Husst... Jawabannya cukup disimpan didalam hatimu saja. Jadikan itu bahan untuk terus memperbaiki diri. Inti dari artikel ini adalah untuk mengingatkan kepada kita semua untuk terus belajar. Hidup adalah belajar, motto itu harus kita pegang. Apapun profesi kita, tetaplah menjadi murid yang haus akan ilmu pengetahuan. Siap? (Siap pak hehe)


Demikianlah, tetap semangat belajar ya! Muda berkarya, muda bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close