4 Hal Ini Membuat Otak Tetap Optimal



Otak Manusia via http://kepoan.com
Otak merupakan organ tubuh yang sangat penting buat kita. (Weleh semua orang juga tahu itu pak hehe)

Nah, untuk itu kita perlu menjaganya supaya tetap optimal. (Wah mantap nih pembahasannya)

Mari kita bahas satu persatu 4 hal yang membuat otak tetap optimal:

1.                 Air

Air via http://ciricara.com
Tubuh kita tidak terlepas dari air. Karena 75% isi otak kita terdiri dari air. Oleh karena itu perlu kestabilan asupan mengonsumsi air.  Menurut Ketua Umum Persatuan Peminat Gizi dan Pangan (PerGizi Pangan) Indonesia Hadiansyah sebagaimana dikutip majalah.tempointeraktif.com, kekurangan air atau dehidrasi memang bisa mengakibatkan memory loss sementara. Kehilangan 2 persen cairan tubuh (60-70 persen dari bagian tubuh kita terdiri atas zat cair) bisa mengacaukan ingatan jangka pendek.

Seseorang juga bisa mengalami kesulitan menghitung sederhana dan susah berkonsentrasi karena dehidrasi. Dehidrasi memang dapat memperlambat ingatan. 

Menurutnya, kinerja otak yang terganggu karena kurangnya asupan air memang sangat masuk akal, karena proporsi air di dalam otak mencapai 80 persen. Sebagian besar dari bagian otak sangat bergantung pada air.

Jika kekurangan air, komunikasi di otak akan terganggu. Ketika tubuh kekurangan air, jumlah cairan di otak akan menurun, sehingga asupan oksigen dan gizi ke otak pun berkurang.
Akibatnya, sel-sel otak menjadi pasif, tidak berkembang, bahkan bisa menciut. Dalam kondisi itu otak tidak berfungsi baik, terutama fungsi kognitifnya.

Karena begitu pentingnya asupan air minum bagi kesehatan-namun sering disepelekan-Ikatan Ahli Kesehatan memperjuangkan untuk memasukkan air minum pada pedoman gizi seimbang, menambah patokan lama: empat sehat lima sempurna. Dengan demikian, pentingnya asupan air putih lebih diperhatikan si remaja, juga orang tua dan guru.

2.                 Oksigen

Oksigen via https://www.linkedin.com/
Otak merupakan organ yang sangat sensitif terhadap kekurangan oksigen. Otak masih mampu menoleransi kekurangan oksigen antara tiga sampai lima menit. Apabila kekurangan oksigen berlangsung lebih dari lima menit, dapat terjadi kerusakan sel otak secara permanen (Kozier dan Erb 1998). Penderita dapat meninggal. Untuk menjalankan fungsi otak dibutuhkan oksigen 20 % dari kebutuhan tubuh akan oksigen. Otak tidak mempunyai rongga untuk menampung kelebihan oksigen. Jika terjadi kekurangan oksigen 8 – 10 detik dapat menimbulkan stroke sehingga timbul gangguan fungsi otak. Jika terjadi 6 – 8 menit dapat terjadi koma.

3.                 Nutrisi 

Nutrisi via https://www.infiline.com/
Otak merupakan pusat keseluruhan tubuh yang tidak hanya memengaruhi fungsi organ-organ tubuh tetapi juga kesehatan mental. Seandainya jantung atau paru-paru berhenti bekerja selama beberapa menit, manusia masih bisa bertahan hidup. Namun jika otak berhenti bekerja selama satu detik saja, maka tubuh manusia akan mati. Itulah mengapa otak disebut sebagai organ yang paling penting dari seluruh organ di tubuh manusia.

Head of Product Marketing Dept PT CNI Chendra Tirto mengatakan hasil survei PBB tahun ini menyebutkan bahwa kemampuan berpikir dibanyak negara, khususnya negara berkembang, mengalami penurunan. Hal ini akibat dari kurangnya pemberian nutrisi otak di masa perkembangan anak dan saat dewasa. Padahal, otak meskipun beratnya hanya 2% dari berat seluruh tubuh, memerlukan 20% darah dari total seluruh darah yang ada di tubuh serta 50% dari seluruh kebutuhan energi tubuh kita.

4.                 Pengetahuan 

Pengetahuan via http://www.repastrepost.com/
Apakah Anda hobi membaca buku ? Jika iya, selamat, berarti Anda termasuk orang-orang yang beruntung memiliki hobi tersebut. Kenapa? Karena ternyata membaca memiliki banyak sekali manfaat, terutama untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan otak Anda.

menambah wawasan, membaca buku juga mampu membuat otak selalu aktif setiap waktu. Tidak peduli apapun jenis bacaan Anda, seperti novel, surat kabar, majalah atau ensiklopedia. Manfaat membaca buku lainnya yaitu mampu memberikan hiburan dan sarana refreshing bagi sebagian orang.

Namun di jaman yang serba canggih ini, kebiasaan membaca buku sepertinya sudah mulai berkurang, terutama di masyarakat kita. Orang-orang mulai sibuk dengan gadget mereka sendiri.

Nah, bagi Anda yang mungkin merasa malas-malasan untuk membaca buku, sebaiknya pikirkan lagi. Cobalah meluangkan waktu di tengah-tengah kesibukan Anda. Karena dengan membaca buku, akan memberikan Anda banyak sekali manfaat. Terutama untuk menjaga dan meningkatkan kemampuan otak Anda.

Bagaimana sobat muda, apakah ke 4 hal itu sudah anda penuhi? Jika belum yuk mulai optimalkan otak kita dengan 4 hal tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk menghindari hal-hal yang bisa menurunkan kinerja otak, misalnya merokok, minuman beralkohol dan lainnya. Jangan lupa share ya! Muda berkarya, muda bermanfaat.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment
close